Minggu, 22 Mei 2011

IMAM MADZHAB FIQIH 
  1. Imam  Hanafi (80 - 150 H / 699 - 767 M)
Nama Lengkapnya adalah : Nu’man bin Tsabit ban Zaithi. Beliau lahir di Kufah (Iraq), ia dikenal sebagai seorang saudagar penjual pakaian yang kaya. Beliau hidup pada dua masa pemerintahan Islam yaitu akhir Dinasti Bani Umayyah dan Awal dinasti Bani Abbasiyyah.
Beliau sempat berjumpa dengan sahabat Nabi “Anas bin Malik” dan banyak meriwayatkan Hadis dari beliau. Dalam meriwayatkan hadis beliau sangat kritis.
Dasar pokok yang yang menjadi pegangan madzhab yang dibangunnya adalah Qur’an, Hadist, Ijma’, Qiyas, dan  Istihsan.
Diantara karya Imam Abu Hanifah dalam bidang ilmu Fiqih adalah Al-Fiqhul Akbar. Yang kemudian madzhab ini dikembangkan oleh dua mired beliau yaitu : Abu Yusuf dan Muhammad


  1. Imam Maliki  (93 - 179 H / 716 - 795 M)
Nama lengkapnya adalah : Abu Abdullah Malik bin Anas bin Amir bin Amr bin Haris Al-As-Bahi. Beliau merupakan keturunan dari dari Bangsa Yaman. Beliau lahir di Madinah pada masa pemerintahan Kholifah Al-Walid bin Abdul Malik dan wafat pada masa pemerintahan Kholifah Harun Al-Rasyid.
Karena madzhab beliau berkembang di Madinah dan menjadi panutan penduduk di sana sehingga beliau mendapat sebutan Imam Dar Al-Hijrah.
Beliau adalah seorang ulama’ yang ahli dalam bidang ilmu fiqh dan Hadis. Kitab Hadis karya beliau yang sangat terkenal adalah kitab Al-Muwattho’
Imam Malik menuntut ilmu dalam bidang Hadis kepada Nafi’ Maula bin Amr dan Muhammad bin Syihab Az-Zuhri. Sedangkan gurunya dalam bidang ilmu Fiqh adalah Rabi’ah bin Abdurrahman (Rabi’ah Ar-Ra’yi). Sedangkan murid beliau yang sangat terkenal adalah Imam Syafi’i.

  1. Imam Syafi’i (150 - 204 H / 767 - 820 M)
Nama lengkapnya adalah : Abu Abdullah Muhammad bin Idris Al-Hasyimy Al-Muttholibi bin Abbas bin Usman As-Syafi’i. beliau lahir di Gaza (Palestina) dan wafat di Mesir.
Sejak kecil beliau telah yatim dan termasuk dalam keluarga yang tidak punya. Kemudian oleh ibunya beliau diajak ke Makkah tempat kelahiran nenek moyangnya.
Beliau telah hafal Al-Qur’an sejak berusia 6 tahun. Kemudian disana beliau belajar ilmu sastra arab dari Al-Hudzail (seorang sastrawan di pedalaman). Sejak kecil telah terlihat kecerdasan beliau oleh karena itu saat berusia 15 tahun beliau telah di ijinkan untuk mengeluarkan fatwa oleh gurunya : Muslim bin Kholid.
Kemudian beliau pergi ke Madinah untuk menuntut ilmu dan berguru kepada Imam malik dan mengkaji kitab Al-Muwattho’ bahkan dalam tempo waktu 9 hari beliau telah hafal kitab Al-Muwattho’
Setelah itu beliau melakukan pengembaraan ilmiah ke berbagai kota antara lain  ke Yaman, Baghdad, Madinah hingga Ke Mesir. Di kota kota inilah beliau banyak bertemu dengan para ahli dalam berbagai bidang pengetahuan, sehingga wawasannya semakin bertambah.
 Di Baghdad, Imam Syafi’i menulis buku Al-Hujjah,.yang di kenal dengan istilah Qoul Qodim. Dan setelah pengembaraan beliu kemesir beliau menyusun madzhab yang baru yang dikenal dengan istilah Qoul Jadid.
Dalam penyusunan madzhabnya beliau mendasarkan pada Al-Qur’an, Hadis, Ijma’ dan Qiyas. Adapun kitab-kitab karya beliau antara lain adalah : Al-Umm, dan Ar-Risalah.

  1. Imam Hanbali (164 - 241 H/ 780 - 855 M)
Nama lengkapnya adalah : Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal, beliau lahir di Baghdad (Iraq), dalam perjalanan hidupnya beliau selalu melakukan perjalanan ilmiah dalam rang ka menuntut ilmu diantaranya kepada Imam As-Syafi’i.
Pada masa pemerintahan Kholifah Al-Makmun, beliau mengalami masa yang sulit karena pemerintah berfaham Mu’tazilah yang menganggap Al-Qur’an adalah mahluk, karena beliau tidak mau mengikuti maka beliau dipenjara dan akhirnya wafat dalam penjara.
Inti ajaran dalam Madzhab ini adalah : Al-Qur’an, Hadis, Ijma’, Qiyas, Istihsan dan Al-Masalihul Mursalat. Selama hidupnya beliau tidak pernah menyusun kitab namun murid-murid beliau menghimpun hadis-hadis yang dipelajari dari beliau dan menyusunnya menjadi Kitab “Musnad Ahmad Ibnu Hanbal”, yang memuat 40.000 hadis Nabi

1 komentar:

Komentar