Kamis, 02 Juni 2011

BERBAGAI IDEOLOGI DI DUNIA
1.       Ideologi Liberal
·        Sejarah Lahirnya Ideologi Liberal
      Ideologi ini diawali dengan adanya revolusi teknologi dan industri di Inggris abad 18. yang melahirkan faham Rasionalisme, yaitu faham yang meletakkan rasio (akal fikiran manusia) sebagai sumber kebenaran tertinggi.
·        Inti Ideologi Liberal
      Ideologi liberal menempatkan manusia sebagai individu yang bebas, namun hal ini akan menimbulkan konflik karena manusia akan menjadi ancaman bagi manusia yang lainnya. Dalam ideology ini, rakyat merupakan ikatan individu yang bebas, dengan ikatan hukum yang mendasari kehidupan bersama
·        Hubungan Negara dengan Agama
            Faham ini memisahkan antara Negara dan agama, Negara memberikan kebebasan bagi individu untuk memeluk agama atau bahkan tidak beragama sama sekali (Bersifat sekuler/bebas)

1.       Ideologi Sosialis
·        Sejarah Lahirnya Ideologi Sosialis
      Faham ini muncul sebagai akibat dari perkembangan ideology Liberal yang banyak mengakibatkan penderitaan rakyat, sehingga komunisme muncul sebagai akibat penindasan yang dikukan oleh kalangan kapitalis
·        Inti Ideologi Sosialis
      Ide Komunisme muncul melalui pemikiran Karl Marx, Yang memandang bahwa hakikat kebebasan individu itu tidak ada, karena hakikatnya manusia adalah sebagai mahluk social bukan individualisme.
      Menurut faham ini, hak milik pribadi itu tidak ada, jadi hak individu diganti dengan hak milik kolektif, dan faham kapitalisme diganti dengan faham Komunis, jadi komunisme adalah seenarnya anti demokrasi dan anti hak asasi manusia.
·        Hubungan antara Negara dengan Agama
      Faham ini menyatakan bahwa manusia adalah sebuah hakikat yang menciptakan dirinya sendiri, sehingga menentukan ddalam perubahan social, poltik, ekonomi  kebudayaan, dan agama. Sehingga berfaham Atheis (anti Tuhan) karena manusia menentukan dirinya sendiri.
2.       Anarkisme
·        Inti ideology Anarkisme
      Anarkisme adalah pandangan atau gagasan yang melihat masyarakat seharusnya dirubah tanpa aturan-aturan. Mereka menganggap hal ini tidak akan menimbulkan kekacauan tapi justru akan menambah keteraturan dalam masyarakat. Dengan hal ini masyarakat bebas untuk bekerja sama diantara mereka secara sukarela tanpa paksaan.         
3.       Kapitalisme
·        Inti Ideologi Kapitalis
      Kapitalisme adalah suatu system yang mengatur proses produksi barang dan jasa, dan memiliki tiga ciri-ciri pokok yaitu :
1)       Sebagian besar kekayaan dimiliki oleh individu
2)       Barang dan jasa diperdagangkan di pasar bebas dan penuh persaingan
3)       Modal di Investasikan kedalam berbagai usaha untuk menghasilkan laba atau keuntungan.
4.       Fasisme
·        Inti Ideologi Fasisme
            Fasisme adalah sistim pemerintahan yang bercirikan Kediktatoran dengan satu partai, penghapusan oposisi, control pemerintah yang terpusat, Nasionalisme yang Ekstrim dan Rasisme (Kekerasan), faham ini telah dijalankan Adolf Hitler dengan partainya NAZI di Jerman.

1 komentar:

Komentar