Rabu, 16 Mei 2012

Silabus Fiqih kls 4 smt ganjil


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Madrasah                     : MI AL-Hikmah Karanganyar
Kelas/Semester                       : IV / I
Mata Pelajaran                      : Fiqih 

Standar Kompetensi               : 1. Mengenal ketentuan zakat

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.   Menjelas-kan ketentuan zakat maal

Tata cara zakat maal
§  Religius.
§  Jujur.
§  Toleransi.
§  Disiplin,
§  Kerja keras,
§  Kreatif,
§  Demokratif ,
§  Rasa Ingin tahu.
§  Gemar membaca, Peduli
§  lingkungan, Peduli sosial,
§   Tanggung jawab
§  Berorientasi tugas dan hasil
§  Berani mengambil resiko,
§  Percaya diri,
§  Keorisinilan, 
§  Berorientasi ke masa depan
·   Membaca buku / artikel tentang zakat, siswa mencari arti zakat
·   Mendiskusikan pengertian zakat
·   Mendengarkan penjelasan guru tentang hukum menunaikan zakat
·   Mendengarkan penjelasan guru tentang macam-macam zakat
·   Mengelompokkan harta yang wajib dizakati
·   Membaca buku / artikel tentang nisab
·   Membaca buku / artikel tentang haul
·   Mengidentifikasi tentang orang yang berhak menerima zakat

·         Menyebutkan pengertian zakat maal
·         Menyebutkan hukum menunaikan zakat maal
·         Menyebutkan harta yang wajib dizakati
·         Menyebutkan jumlah harta yang wajib dizakati (Nisab)
·         Menyebutkan jumlah zakat maal yang harus dikeluarkan
·         Menyebutkan batas waktu untuk mengeluarkan zakat (Haul)

Tes tulis
Tes lisan

4 x 35 menit

Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab Fiqih  , tabloid / bulletin
1.2.   Menjelas-kan ketentuan zakat fitrah

zakat fitrah
§  Religius.
§  Jujur.
§  Toleransi.
§  Disiplin,
§  Kerja keras,
§  Kreatif,
§  Demokratif ,
§  Rasa Ingin tahu.
§  Gemar membaca, Peduli
§  lingkungan, Peduli sosial,
§   Tanggung jawab
§  Berorientasi tugas dan hasil
§  Berani mengambil resiko,
§  Percaya diri,
§  Keorisinilan, 
§  Berorientasi ke masa depan
·     Membaca buku / artikel dan mencari arti dari zakat fitrah
·     Mendengarkan penjelasan guru tentang hukum menunaikan zakat fitrah
·     Mendengarkan penjelasan guru tentang waktu mengeluarkan zakat fitrah
·     Mendengarkan uraian guru tentang jumlah zakat fitrah
·     Mencermati penjelasan guru tentang orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah
·   Menyebutkan pengertian zakat fitrah
·   Menyebutkan hukum menunaikan zakat fitrah
·   Mendiskripsikan waktu mengeluarkan zakat fitrah
·   Menyebutkan jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan
·   Menyebutkan 8 golongan  yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat maal
Tes tulis
2 x 35 menit
Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab Fiqih  , tabloid / bulletin
1.3.   Memprak-tekkan  tata cara zakat maal dan zakat fitrah
Praktek menunaikan zakat fitrah
Hikmah zakat fitrah
§  Religius.
§  Jujur.
§  Toleransi.
§  Disiplin,
§  Kerja keras,
§  Kreatif,
§  Demokratif ,
§  Rasa Ingin tahu.
§  Gemar membaca, Peduli
§  lingkungan, Peduli sosial,
§   Tanggung jawab
§  Berorientasi tugas dan hasil
§  Berani mengambil resiko,
§  Percaya diri,
§  Keorisinilan, 
§  Berorientasi ke masa depan
·     Dipandu  guru memperagakan menyerahkan zakat fitrah
·     Menirukan guru dalam melafalkan niat menunaikan zakat fitrah
·     Didampingi guru, menyerahkan zakat fitrah langsung kepada yang berhak menerima
·     Berdiskusi tentang hikmah zakat fitrah

·   Mensimulasikan tatacara mengeluarkan zakat maal
·   Mendemonstrasikan cara mengeluarkan zakat fitrah
·   Melafalkan niat menunaikan zakat maal
·   Melafalkan niat menunaikan zakat fitrah
·   Menyebutkan hikmah zakat fitrah
·   Menyebutkan hikmah zakat maal
Performance Tes Lisan

2 x 35 menit

Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab Fiqih  , tabloid / bulletin

Standar Kompetensi   : 2.  Mengenal ketentuan infaq dan shodaqah

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1.   Menjelas-kan ketentuan infaq dan shadaqah

Infaq dan shodaqoh
§  Religius.
§  Jujur.
§  Toleransi.
§  Disiplin,
§  Kerja keras,
§  Kreatif,
§  Demokratif ,
§  Rasa Ingin tahu.
§  Gemar membaca, Peduli
§  lingkungan, Peduli sosial,
§   Tanggung jawab
§  Berorientasi tugas dan hasil
§  Berani mengambil resiko,
§  Percaya diri,
§  Keorisinilan, 
§  Berorientasi ke masa depan
·   Mencari pengertian dan ketentuan infaq dari berbagai sumber / media
·   Mencari pengertian dan ketentuan shodaqah dari berbagai sumber / media
·   Berdiskusi tentang perbedaan antara infaq dan shodaqah

·         Menyebutkan pengertian infaq
·         Menyebutkan hukum infaq
·         Menyebutkan pengertian shodaqah
·         Menyebutkan hukum shodaqoh
·         Membedakan antara infaq dan shodaqah
Tes tulis
2 x 35 menit

Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab Fiqih  , tabloid / bulletin
2.2.   Memprak-tekkan tata cara infaq dan shadaqah
Praktik infaq dan shodaqah
§  Religius.
§  Jujur.
§  Toleransi.
§  Disiplin,
§  Kerja keras,
§  Kreatif,
§  Demokratif ,
§  Rasa Ingin tahu.
§  Gemar membaca, Peduli
§  lingkungan, Peduli sosial,
§   Tanggung jawab
§  Berorientasi tugas dan hasil
§  Berani mengambil resiko,
§  Percaya diri,
§  Keorisinilan, 
§  Berorientasi ke masa depan
·   Pratek berinfaq sesuai dengan kemampuan, misalnya pada hari jum’at
·   Praktek bershodaqah sesuai keadaan dan kemampuan misalnya dengan senyum, menyingkirkan sesuatu yang menghalangi
·   Berdiskusi, menyampaikan hikmah infaq dan shodaqah

·   Mendemostrasikan cara berinfaq
·   Mendemonstrasikan cara bershodaqoh
·   Menyebutkan hikmah berinfaq dan bershodaqah
Performance
Tes tulis
2 x 35 menit
Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab Fiqih  , tabloid / bulletin













                                                                                                                                                                                 ............ , .................................
                     Mengetahui                                                                                                                                         Guru Mapel Fiqik
                     Kepala Madrasah



......................................                                                                                                                                                            .....................................
                      NIP/NIK.                                                                                                                                                                                 NIP/NIK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar