RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : MI
Al-Hikmah Karanganyar
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IV / 1
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
1. Mengenal ketentuan zakat
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan ketentuan zakat maal
C. Tujuan Pembelajaran :
§ Membaca buku / artikel tentang zakat, siswa mencari arti
zakat
§ Mendiskusikan pengertian zakat
§ Mendengarkan penjelasan guru tentang hukum menunaikan
zakat
§ Mendengarkan penjelasan guru tentang macam-macam zakat
§ Mengelompokkan harta yang wajib dizakati
§ Membaca buku / artikel tentang nisab
§ Membaca buku / artikel tentang haul
§
Mengidentifikasi
tentang orang yang berhak menerima zakat
& Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli
lingkungan, Peduli sosial, Tanggung
jawab
& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan
D. Materi Pembelajaran
§
Tata cara
zakat maal
E. Metode Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai
dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang zakat
§
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi
tentang zakat.
§
Meminta
siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi:
Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang zakat.
§
Elaborasi:
Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang zakat
§
Konfirmasi:
Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang zakat
§
Elaborasi:
Guru melakukan tanya jawab tentang zakat.
§
Elaborasi:
Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema
zakat
§
Elaborasi:
Meminta siswa untuk membaca dalil tentang zakat.
- Kegiatan Penutup
§
Guru
memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang zakat
§
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi zakat
§
Siswa
menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G. Alat/Sumber Belajar
§
Kamus,
ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
H. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
v
Religius.
v
Jujur.
v
Toleransi.
v
Disiplin.
v
Kerja keras
v
Kreatif
v
Demokratif
v
Rasa Ingin tahu
v
Gemar membaca
v
Peduli lingkungan:
v
Peduli social
v
Tanggung jawab.
|
§ Menyebutkan pengertian zakat maal
§ Menyebutkan hukum menunaikan zakat maal
§ Menyebutkan harta yang wajib dizakati
§ Menyebutkan jumlah harta yang wajib dizakati (Nisab)
§ Menyebutkan jumlah zakat maal yang harus dikeluarkan
§ Menyebutkan batas waktu untuk mengeluarkan zakat (Haul)
|
Tes
Tulis
Tes
lisan
|
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian zakat maal!
§ Sebutkan hukum menunaikan zakat maal!
§ Sebutkan harta yang wajib dizakati!
§ Sebutkan batas waktu untuk mengeluarkan zakat (Haul)!
|
LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENYEBUTKAN KETENTUAN
ZAKAT MAAL
Tanggal : …………………
No
|
Nama siswa
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Benar
|
Urut
|
Partisipasi
|
Semangat
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Aspek dan
Kriteria Penilaian Proses
|
|
A. BENAR
Skor 3 : Menyebutkan semua
Skor 2 :
Sebagian besar Menyebutkan
Skor 1 :
Sebagian kecil Menyebutkan
B. URUT
Skor 2 :
Semua urut
Skor 1 :
Tidak urut
|
C. PARTISIPASI
Skor 3 :
Ikut mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2 :
Ikut mengerjakan tetapi tidak pernah memotivasi teman
Skor 1 :
Ikut mengerjakan bila diminta teman
D.
SEMANGAT
Skor 3 :
Jika antusias tinggi untuk melaksanakan tugas kelompok dan sering
memotivasi teman.
Skor 2 :
Jika antusias cukup tinggi untuk menjalankan tugas kelompok dan
terkadang memotivasi teman
Skor 1 :
Jika mengerjakan tugas kelompok bila ditegur teman
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
_________________________
|
|
.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih
______________________
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar